Master Gojukai

7/27/2008 07:22:00 PM / /

hari sabtu kemarin saya mendapatkan kesempatan bertemu secara pribadi dengan seorang master martial art di padepokan latihannya.
sebenarnya yang membawa saya kesana adalah sebuah informasi dari seorang atlet taekwondo yang baru pulang dari pertandingan di kalimantan.
atlet ini memberitahu saya tempat latihan taichi.
namun ternyata tempat yang saya datangi bukanlah tempat latihan taichi, tetapi dojo karate yang menggabungkan antara keras dan lemah - gojukai.
sehingga sepintas lalu, atlet taekwondo ini menyangka itu adalah latihan taichi.
disanalah saya bertemu dengan master ini selama hampir 4 jam.

saya sangat terkesan dengan beliau, dengan pengalamannya selama 22tahun di dunia karateka, orang ini sangatlah rendah hati.
secara fisik, orang tidak akan menyangka beliau ini adalah karateka penyandang Dan 4.
tinggi posturnya sekitar 160an, dengan berat badan 58kg.
kata-katanya lembut dan halus
namun ketika memperagakan "kata", matanya jadi garang.
murid yang dilatihnya adalah atlet2 PON yang sering memenangi kejuaraan nasional baik kata(jurus) maupun kumite(pertandingan)

saya baru tahu, ternyata di karate aliran ini, terdapat kemiripan2 dengan taichi.
antara lain, gerakan2 memutar untuk menetralkan serangan alih2 menerima keras dengan keras.
jika di taichi menggunakan metode pushing hand untuk mempelajari arah energi, aliran ini juga mempunyai sebuah teknik latihan yang mirip dengan itu.
pantas saja beberapa kali saya dikunci karena kemampuan "mendengar" saya kalah jauh dibanding beliau ini.
beliau juga memperagakan menetralkan dorongan dengan pernafasan.
teknik luar, dan juga internalnya sangat mantabs.

yang membuat saya makin segan dan agak malu, sesampainya di kos setelah pulang dari tempatnya, hape saya berbunyi. ternyata sms dari beliau:

"terima kasih atas kunjungannya ke dojo saya. Dan saya minta maaf bila tadinya ada peragaan teknik yang membuat sakit, krn diluar rencana adu kekuatan"

waduh, itu sih bukan adu kekuatan...tapi lebih kepada seorang master yg mengajari newbie yg baru belajar martial art...

hmm....how humble a master is...

Labels:

0 comments:

Post a Comment