bali selatan - utara - selatan

1/30/2006 04:09:00 AM / /

He.... Sabtu kmrn berputar2 tanpa tujuan ama pak tua. Sbenernya kita start agak siang sih, jam 11. Tapi krn kebiasaan ga ada rencana, jalan asal jalan ajah. Dari kawasan pantai Kuta, kita naik ke daerah dingin bedugul. Disitu nongkrong sebentar di Danau Bratan, makan bakso ayam di pinggir danau. Kali ini bedugul lebih dingin dari kunjungan terakhir. Mungkin krn lg musim angin, jadi hawa dinginnya diselingi angin. So bakso ayam beserta teh anget bener2 pas buat bekal berjalan selanjutnya.

Sambil liat2 peta, kita nentuin next destination. Apakah mau ngeliat danau buyan dan tamblingan dari jalur bedugul-seririt, kemudian memutar ke taman nasional bali barat, atau malah ke singaraja menuju bali timur. Krn sama2 ga bisa mutusin jadi ak ma pak tua ngikutin kemana motor membawa aja deh (gaya banget yak ^_^). Kita menuju jalur seririt buat melihat danau buyan dan tamblingan dari atas. Sayangnya ternyata jalur atas itu kabut lagi tebel2nya. Jadi kita naik motor nembus kabut, ngikutin jalur seririt. Sampe spot yg seharusnya pemandangan buyan dan tamblingan bisa dinikmati, malah keliatan kyk kita ada di tengah-tengah treebeard nya lord of the ring yg diselimuti kabut. Untungnya ada jalan aspal yg masih meyakinkan kita klo ga ada smeagol membututi dibelakang :p.

Dari situ kita balik ga jadi ke seririt-bali barat, tapi kembali ke jalur Bedugul-Singaraja. Kata bli Tude (bossku yg super sabar) disitu terkenal dengan dakocan nya (makhluk apa pula ini ?). Ya jalur yg menurun berkelok-kelok diselimuti kabut ini banyak warung2 beserta DAgangKOpiCANtik nya. Namun, yg ak temukan disitu, ternyata bukan Dakocan, tapi Dakojel(jel-stands for jelek) pada ngrokok di depan2 warung. Mungkin krn dingin, dakocan nya ngangkrem di dalem :D

Memasuki wilayah Singaraja kabut mulai hilang, dan hawa pantai kembali terasa. Dari pusat kota kita membelok ke arah Barat, menyusuri punggung pulau yg menghadap ke laut bali di sebelah utara sana. Melewati pantai, kemudi dialihkan kepada Pak Tua. Namun dijalan itu ada yg kena sial. Lagi asik2nya menikmati pemandangan laut lepas, tahu2 ak ngerasa ada serangga nempel di tanganku. Bersamaan dengan itu tanganku terasa panas perih dan pegel luar biasa. Aw....aw.... usut punya usut, ternyata pak tua yg didepan ngasi tau klo serangga itu adalah tawon gede yg sengatnya sukses mendarat di telapak tanganku. Seketika telapak tanganku memerah, dan ak ngerasain racun sengat tawon itu mulai bekerja. pegel.... perih.... panas..... pak tua berinisiatif beli balsem ato apa di sana. Dan walo jalan itu lumayan sepi akhirnya kita nemu warung yg jual minyak angin. Lumayan lah buat pertolongan sementara.

Didesa bondalem kita membelok kearah selatan, dan kembali menaiki dataran tinggi gunung batur. Dingin menusuk disertai angin, dan kita kembali berjumpa dengan kabut. Namun sebelum kabut benar2 pekat kita masih sempet liat bukit2 beserta pohon2 kuning hijau nya. Ada sebuah spot dimana kita bisa menikmati lengkung2 bukit dan warna warni pohon yg ada disitu dikombinasikan dengan background laut bali. trully heaven.....

Kabut semakin pekat, dan ternyata kita memilih trek yg lebih terjal. Walaupun jalan diaspal dengan baik, tapi tanjakan2 curam cukup memaksa paktua beserta supra merahnya mengerahkan keahlian kombinasi oper gigi satu dua secara bergantian untuk mengalahkan trek itu. Sampe beberapa kali ak harus turun dari motor biar meringankan beban. He... ga bisa bantu soale tanganku masih cenut2 terasa, hawa dingin ini bikin perihnya masih terasa. Terus saja tanganku ak bubuhi minyak angin terus terusan buat ngelawan tawon lebah itu.

Tiba di sebuah pertigaan, rupanya pak tua sudah amat sangat kedinginan sehingga begitu melihat warung segera menepi untuk memesan teh panas. Rehat sejenak makan sedikit camilan dan anget2 sambil ngeliat peta buat nentuin jalan di pertigaan tersebut. Istirahat sejenak membuat tanganku jg agak mendingan. So dari situ kemudi kembali beralih kepadaku(ga tega ama paktua, takut rompol krn dingin ^_^).

Kabut masih ada walau tidak sepekat diatas. Dan kita segera meluncur ke kawasan danau batur. Di jalur itu kita melewati pura ulun danu. Dibelakang pura tersebut ternyata ada spot yg bagus buat ngeliat danau batur. Jadi dari situ sebelah kiri kita bisa ngeliat danau batur, kemudian geser ke kanan dikit ada danau batur. dibelakangnya bisa kita liat gunung abang. dan terakhir background nya Gunung Agung(the highest mountain in Bali, 3143m dpl). TOP. apalagi sekeliling kita bangunan pura2 yg dah lumutan, keliatan tua gitu.

Puas menikmati pemandangan disitu, kita turun kebawah. Masuk ke spot khusus turis, Ak inget beberapa tahun yg lalu pas pertama ke bali bareng rombongan semarang sempet mampir kesitu. Dari spot turis malah ak rasa biasa aja. lebih bagus dari spot pura ulundanu itu.

Dari situ ternyata jam sudah menunjukkan pukul 5 sore. Jadi kita ga bisa ke gunung batur, dan memutuskan buat mengambil jalan ke tampaksiring, sukawati, denpasar. Jalan sepi dan lurus, motor bisa melaju dengan kecepatan 100km perjam. Aspal nya jg bagus. Relatif tidak ada hambatan.

Sampe di denpasar mampir di gramed, beli buku GMAT and makan chicken wing :p fuhhh mentang2 dah gajian makannya chicken wing :p

Minggu pagi nya lari2 di kuta, sore nya surfing di iringi sunset pake papan fiber. Baru kali ini menikmati sunset dr atas papan surfing. Beserta kelimpahan air disekelilingku, dan pantulan keemasan sunset yg berkilau.