first mountaineering in bali

2/19/2006 07:59:00 PM / /

minggu kemaren bnyk banget yg pgn ditulis.

mungkin satu2 dulu yak....

first mountaineering in bali

sabtu hari yg cerah, tp ak bangun agak siang. setelah ngerendem cucian, and jemur2, baca2 komik legenda naga yg tersisa sambil istirahat ngumpulin tenaga buat sore dan malam nanti.

siang nya tidur siang ampe jam 3. bangun dan langsung siap2 menuju denpasar. rencanya dari denpasar nanti ak langsung ke batur, jadi harus siap2 ransel dan barang2 buat naek. Sampe di denpasar ontime ditempat master. dan latian dimulai. Yg paling ak seneng waktu latian timing, disini kita menempel ke tubuh partner dan merasakan aliran energi pada saat menyerang dan bertahan. kata master didalam taichi yg paling lama adalah latian membaca timing ini. krn prinsip dasar taichi adalah mengikuti aliran, bukan melawannya. jadi ketika ada pukulan yg masuk, yg kita lakukan adalah menyedotnya dan memberikan sedikit tenaga ke tubuh lawan yg tidak seimbang.

selesai latian ak nunggu dijemput ama hendrik buat langsung menuju gunung batur. jam 7 malem kami berangkat. ak dah ngomong ama hendrik, kami kepisah dari rombongan, mereka dah berangkat lebih dulu jam 5 sore. Sementara ak belum tau medan di gunung batur itu kyk gimana, so ak ga bisa ngasi jaminan klo kami bisa ketemu ama rombongan, kecuali dipuncaknya. So walopun ga bisa bareng ama rombongan, bakal terus maju, gimana ? Untungnya dia jg dah ngebet banget pengen naek gunung, brati ga ada masalah kalaupun kami harus maju sendiri.

perjalanan dari denpasar ke kintamani diwarnai dengan tanya sana-sini, sempet makan dulu di pasar sukowathi. soalnya ak selama ke kintamani tu siang2, pas malem ternyata agak beda. tapi walo sempet tanya sana-sini, akhirnya nyampe di kintamani pukul 22.00. Langsung nanya orang setempat jalur di pura tampuriang(rombongan sebelumnya naik lewat jalur itu). sampai di pura tampuriang, kt nitipin motor di kantor polisi. dan kata bapak polisinya temen2ku ada 5 orang en naik 2 jam yg lalu.

ok, no big deal. the show must go on.....
kami kemudian ditunjukkin jalan setapak yg menuju puncak, tapi.... ga tau knapa apa yg ngasi jalan salah, ato kami yg agak lemot, ternyata jalan itu menuju sawah2 jagung. ga jelas de pokoknya. pas kami liat gunungnya ada dimana, eh ga kliatan. jadi kami kyk kesasar entah dimana ^_^

Ya udah, kami liat ada sumber cahaya kami deketin ajah. ternyata ada rumah, sepi, cuman ada anjing2 yg menggonggong ama orang asing ajah. nekat kami ketok muncul ibu2 dengan tampang bangun tidur (gangguin orang tidur aja yak) hehe... setelah nanya2 akhirnya km ditunjukkin jalan setapak menuju puncak.

1/2 jam kemudian kita berjalan kami nemu persimpangan, dua-dua nya keatas. pas bingung mo ngambil yg mana. ternyata ada cahaya. tapi cahaya itu tiba2 ilang. trus muncul lagi. ak dah mikir horror ajah ^_^ sampe kmdn ak mikir, harus nanya ttg persimpangan ini. pas ak deketin..... ternyata itu rombongan yg sebelumnya naek. sebenernya ak cuman kenal santi aja si, spg slh satu toko quiksilver di kuta square. so ak dikenalin ama temen2 yg laen. anak jakarta nya 2 orang, putri ama zaky. trus yg 2 lagi anak bali heri ama ian.

kata zaky, "untung kalian dateng, klo ga gw bete sendirian neh, yg laen dah pada mo tidur". So, krn ak bawa gitar, lgsg de kami nyanyi2 bareng dibawah sinar lilin dan cahaya senter. untung jg ak bawa primbon(buku2 yg isinya kunci2 gitar) jadi walo ngeliatnya remang2 gituh, tetep aja masi bisa bernyanyi2 ria. pas ditanyain santi "km dah pernah naek batur ? kok pede banget bilang mo ketemu di puncak ? kan ga tau medannya" ak jawab "ya kan ak kira km dah naek duluan, jadi daripada nungguin km dibawah ya ngerti ga ngerti ak harus sampe puncak ^_^". tapi malem itu kami menghabiskan waktu dengan bergitar2 ria......ditemani kopi.asiknya bisa nyanyi sekeras2 nya tanpa peduli ga ada yg keganggu, asiknya....nyanyi bareng2.....

jam stengah dua kami berangkat. jalan setapak melewati hutan pinus yg menanjak, selama 1/2 jam. pas ada bonus, kami istirahat sebentar

memandang keatas sana
bulan dengan sinarnya yg pucat
awan2 yg berarak diatas
ketenangan hutan dan bau pinus yg basah
kaki yg mulai terasa pegal
ak ingin kedamaian ini tak berakhir.......

lanjut.....pendakian dimulai dengan karang2 bercampur pasir yg membuat track menjadi licin. semakin lama semakin susah. krn terjalnya track dan kita harus hati2 memilih agar tidak terpeleset pasir2 itu (kawasan batur emang terkenal dengan tambang pasir). beberapa kali hendrik yg di depan ku ngomong: wow itu puncak.... tapi ga nyampe2 :p kaki dah pegel.... banget.... krn harus milih2 track yg ga licin. istirahat sebentar.....

memandangi lampu2 dibawah sana
danau batur yg menghitam
siluet gunung abang dibelakang langit yg gemintang
kabut datang.....
dan pandangan tak terlihat....
bulan yg tadinya terlihat berpendar.....
sekarang terlihat suram....
seperti hati yg terhijab....
angin berkesiur terdengar
kami terdiam
tenggelam dalam pikiran masing2
ak menikmati kesunyian ini
nuansa aneh yg menarik ku seperti magnet
misteri yg mengasyikkan.....

perjalanan mendaki itu akhirnya berakhir... kita sampai di puncak tertinggi gunung batur dalam waktu 3 jam. aahhhh..... akhirnya nyampe juga. ternyata di puncak tertinggi batur ada yg bangun warung. jadi mengingatkanku, mungkin yg bikin warung ini, tadinya jg cuman berkeinginan, bercita-cita. mungkin jg banyak orang yg ngomong: gila, ngapain bikin warung di puncak gunung ? ga mungkin! naek sendiri aja susah. apalagi bawa bahan2 nya, lagian siapa yg mau beli ?. dan beribu komentar2 negatif lainnya. mungkin dia jg sempet terombang-ambing dgn keinginan untuk memenuhi mimpinya atau mengikuti omongan orang2 yg menertawakan cita-citanya. sampai akhirnya dia bosan dengan semua omongan orang, dan memutuskan untuk mewujudkan mimpinya. (sedikit berimajinasi gpp kaaann.....^_^)

kita menunggu pagi, sambil ngeliat bintang dan bulan diatas sana. beberapa mencoba tidur, ada yg bikin kopi dan menunggu pagi dng mata terbuka. ak memilih yg terakhir. sampe ketika sunrise itu tiba.....

matahari yg hangat mengangkat lapisan kabut
sedikit demi sedikit.....
lambat...lambat.....
seolah dia menikmati tiap proses
tanpa khawatir tujuan akan menghilang jika dia tdk cepat2

sinar yg tanpa keraguan
dan warna-warni yg tercerahkan
ak menyambutmu untuk menyinari jiwaku
jiwa yg akan membuat kehidupan
dan mengatakan bahwa apa yg kumiliki akan kualami
tanpa tersiksa akan apa yg tak ada dalam genggamanku
dan jiwa yg cukup kuat untuk menggapai mimpi
tanpa memperhatikan komentar negatif yg bukan dari hatiku.....

hehe.....
setelah berpuas2 menikmati sunrise, dan pemandangan yg terlihat di bawah sana kita turun jam 8. jalan turun tidak kalah berbahaya krn kaki yg capek krn naek keatas, harus menahan badan yg turun kebawah di track yg berpasir. bener juga, si hendrik sempat jatuh ngglundung. untung ga jauh. tapi kyknya dia sempet bawa oleh2 benjolan kecil dikepala krn terantuk karang :D

overall...

great weekend......
great new friends.....
great experiences.....
dan petualangan lainnya menantiku......

Labels:

Anonymous on Tuesday, February 06, 2007 11:44:00 AM

Cool blog, interesting information... Keep it UP » »