8/29/2005 03:56:00 AM / /

Lawatan ke jember weekend kemaren bikin naluri berpetualangku bangkit kembali. sebenernya si ga bakal terjadi klo temenku ga minta tolong anterin ngambil motor di daerah asalnya sana. dukuh jatigowok dusun kesilir kecamatan ambulu, 40 km dari Jember.

Sebenernya si, agak ketar ketir juga, cause duit gaji dah amblas sebelum waktunya (bingung jg gw, kemana aja tu duit....) plus temenku itu juga lagi masa krisis. So klo duit kita bedua dikumpulin, cuman cukup plus ngepress buat sekali jalan aja. dan dengan setengah meyakinkan, dia bilang klo pulangnya pake motor+ bakalan disangoni, so ga usah kuatir.

So, kamipun berangkat ke jember walo sempet bersusah payah nyari bemo (sebutan buat angkutan colt 3/4 di bali) yg sepi penumpang. Ternyata emang bener, angkot di bali ga laku. karena dari terminal tegal(terminal angkot) trus dilanjutin ke terminal ubung(terminal bis), angkot yg kami tumpangi cuman berisi kami berdua. itu pun setelah supir nya setengah narik2 buat naik angkotnya. langsung jalan lagi.

Terminal bis di ubung sepi, mungkin lebih ramean terminalnya pemalang. dan susah ditemukan bis AC disana, kecuali untuk jurusan jauh kayak ke surabaya. klo bis ke jember, ga ada yg AC krn emang kalah bersaing ama yg ekonomi. penumpangnya merupakan tipe yg sensitif terhadap harga, bahkan selisih seribu perak pun sangat berarti.
Sampe jember jam empat pagi, trus naik taksi ke jatigowok, bukan hanya karena angkutan belum ada jam segitu, tapi juga karena kalau ada angkutan pun kita da ga ada duit buat bayarnya. so taksi alternatif satu2nya(krn bisa dibayar dirumah ^_^) lumayan murah, jarak 40 km cuman diganti dengan uang 35 ribu.

Setiba di jatigowok, suasana desa pertanian yg kental langsung terasa. Rumah2 sederhana, hamparan tembakau dan padi mewarnai daerah itu. Mungkin hampir sama kaya' suasana desa tani di pemalang, cuman bedanya pagi dan malam disini lebih dingin, walo kalo siang panasnya jg hampir sama.

7 km dari rumah temenku ada wisata pantai, namanya Watu Ulo dan Pasir Putih(Bukan Pasir Putih yg di Situbondo, disini pantainya lebih kecil krn diapit bukit). Lucunya klo mau ke Pasir Putih, kita harus bayar 2 kali, sekali di Watu Ulo dan kemudian di Pasir Putih. Pantainya sepi, mungkin lebih sepi dari Widuri di Pemalang. Kayaknya klo konsep wisata nya dibikin kayak kuta, bakalan bisa lebih rame. Di Kuta(bahkan mungkin di seluruh bali) masuk pantainya gratis, pemerintah dapet pemasukan dari pengunjung lewat penjual yg berdagang disana. Setiap pedagang(hitungannya bukan tempat,tapi orang) dikenai iuran sebesar 300rb perbulan. Jadinya pengunjungnya banyak karena ga harus bayar buat menikmati pantai, tapi Pemerintah jg tetep dapet pemasukan. Mungkin Watu Ulo gak bisa dibegitukan karena daya beli masyarakat disekitarnya (yg petani) rendah. Namun itu bisa dijual ke Wisatawan Manca, tinggal pemerintah aja promosiin di luar negeri, dan siapkan fasilitas hotel penginepan dan wahana wisata lainnya, pasti bakalan rame.

(to be continued....)

Labels:

2 comments:

Anonymous on Monday, February 05, 2007 2:02:00 AM

Excellent, love it! new japanese interior design Email+promotion+internet+marketing get invention patent Conferencing php script reset blackberry http://www.incorporating-in-new-york.info/trademarks_patent.html retha cazel patent No limit texas hold&aposem lexapro opinion Bontril tab Cosmetic silicone Paris hilton playmate video Excel barcode scanner Ferrari logo gallery

Comment by Lingkar Waktu on Sunday, November 30, 2008 4:26:00 AM

kayaknya keren banget..sayang ga ada fotonya wan... tapi dah kebayang juga dikepala ni.. (kira2 sama gak ya dengan aslinya) wakakakkk...!

Post a Comment