Sempu Island....(1)

3/23/2007 10:22:00 PM / /

Dari beberapa bulan yg lalu ak dah pengen banget jalan2 soalnya kalo diitung2 perjalanan terakhir ya waktu pindahan kerjaan dari jakarta ke bandung september 2006 (jalan kaki dari cibubur ke jonggol hehehe...) makanya waktu denger selentingan info di indobackpacker ttg pulau tak berpenghuni di malang yg katanya mirip film the beach ak jadi penasaran banget.

Tapi tentu aja cari waktu yg pas buat kesana itu yg repot. Sampai tibalah suatu saat yg passss...bgt....tanggal nya udah disiapin dan rencananya bareng2 ama anak2 indobackpacker. Nah setelah ak cerita2 ttg keindahan pulau sempu rupanya temen2 sekuliahan dulu terprovokasi dan berniat untuk ikut serta. Yah itung2 reunian lah mengenang masa2 indah di kosan dulu ^_^. Berangkat dari bandung 6 orang (awancool, dulgani, ardi pantuik, patata, cls juned, bayu) rencananya di sendang biru bakalan ketemu ama alip centeng dan temen2 indobackpacker buat bareng2 nyeberang.

Berangkat dari bandung jumat pagi dari rumah patata. Ga lupa ibu nya mbeliin kartika sari buat (bakal) calon mantu (didalam perjalanan menuju sempu ini terselip agenda romantis perjodohan keluarga patata dan seorang gadis kota gede ^_^). Dulgani as a driver blom pernah punya pengalaman mengemudi bandung-jogja sementara ak sebagai navigator berbekal peta periplus yg seringkali ikut pengembaraanku...patata sering ke jogja, tp kyknya ga terlalu apal jg jalan2nya...

Jumatan di mesjid raya ciamis sambil makan siang disana. Kalo sempet kesana cari pujasera deket mesjid raya ciamis. Masakan sunda nya lumayan juga. lanjut jalan, sambil berhenti memuaskan rasa narsis di spot2 seperti perbatasan jawa barat-jawa tengah, dan juga tugu banyumas.

Lewat jalur alternatif congot senja disawah2 itu asik juga diliat.Nyampe jalan raya parangtritis udah malem jam 7. Langsung cari rumah mbahnya patata. Sampe sana kami langsung disambut dengan teh nasgitel (panas legi tur kentel) dan gorengan tempe beserta emping yg langsung dihabiskan oleh rombongan orang2 nggragas ini. Setelah bersih2 dan makan malam, kami menyempatkan diri buat putar2 jogja sebentar. Malioboro, Bunderan Ugm, Pasar Kembang, Alun2 Kidul dan sekitarnya lah...trus karena udah pada KO kami balik ke rumah.

Pagi2 kami berangkat ke malang. Kali ini rombongan bertambah satu orang yaitu bapak supir karena dulgani ga ada gantinya kalo jadi driver tunggal. Oiya ga langsung tancap gas karena kita mampir dulu di kota gede memenuhi agenda patata. Sayang beribu sayang kami tidak diijinkan ikut kerumah gadis itu karena patata agaknya khawatir rekan2 seperjalanan yg liar ini bisa menurunkan personal brand value yg dia miliki dihadapan (bakal) calonnya. Jadi kami disuruh tengak tenguk nunggu di pinggir jalan sementara patata menemui gadis itu dirumahnya. Sambil nunggu patata kami makan di warung pinggir jalan kotagede. Sayur lodeh nya masih anget dan rasanya top banget, tempe dan tahu bacem nya juga joss ditambah oseng2 putren (jagung muda) kyknya sarapan hari itu nikmat sekali walau dipatok dengan harga yg sangat murah, hanya 3000perak.

Setelah ketemuan patata pringas-pringis dan agaknya malu kalo ga memperkenalkan cewek itu ke kami2, jadi dikenalinlah kami ke bakal calonnya. Biasa...cowok2 nggragas cewek ini langsung clemongan nda jelas, ada yg memperkenalkan diri pake nama samaran yg “keren” ada yg ngajak2 ikut dsb..dsb...kecuali awancool yg tetep cool ajah (yok opo se’ ^_^).

Tancap gas ke malang. Kami ambil jalur selatan karena kata bapak supir itu lebih cepet. Dia juga belum pernah tapi prediksinya nyampe turen bakalan lebih cepet lewat jalur itu. Wonosari-wonogiri-pacitan-trenggalek. Yah..jalannya lebih kecil dan lebih sulit, tapi ak asik2 aja soalnya dari situ pemandangan lebih bagus daripada lewat jalan kota yg cuman rumah2 aja.
Sayangnya jalan naik turun bukit dan berkelok2 itu menuai seorang korban asal padang yg langsung pusing2 dan sukses memuntahkan sedikit isi perut waktu rombongan beristirahat sejenak sambil menikmati bukit2 di jalanan menuju trenggalek(tapi langsung suegger setelah itu ya to di ? kyknya bukan gara2 jalannya tapi gara2 andukku yg buat nutup kepalamu itu deh...hehehe....). Tapi selepas trenggalek semuanya aman damai dan terkendali.

Nyampe Turen udah malem jam 9. Ternyata sendang biru masih berjarak 42km lagi, dan jalannya juga berbukit2 dan berkelok2. sempet bingung juga, sendang biru katanya pantai kok lewat bukit2, tapi kalo siang pasti ini pemandangannya keren kataku nebak2. nyampe di turen, kami langsung nyari tenda “miki mos” kepunyaan centeng dan yanto yg udah duluan nge-camp disana. Dan nyari2 temen2 indobackpacker kyknya blom ada. Ya udah kami mengistirahatkan diri di pinggir pantai sendang biru.

Malam itu cerah banget, bintang2 berserakan sekenanya diatas. Dan suara2 burung2 malam dari pulau sempu didepan sana yg dipadu ama suara pias2 kecil ombak sendang biru bikin hati tenteram banget. Segera kugelar jas hujan dipasir pantai, dan kami rebahan mandangin bintang dan cerita ngalor ngidul mengenai hari2 kami yg terpisah.

Labels:

Anonymous on Friday, March 23, 2007 11:55:00 PM

asem, kalian nikmat di mobil, aku nungguin di pantai sendangbirunya kelamaan kampring!!!
banyak nyamuk lagi..
tapi itu terbayar waktu lihat sunset dan segara anakan!!!
ayo kapan kesana lagi!!!

Anonymous on Sunday, March 25, 2007 6:46:00 PM

Dasar pekok.. masak gue buang onderdil aja di ceritain,
Betul tuh gara-gara anduk lu...
Mana Fotonya...

Asem.. Lu sich enak sepanjang perjalanan di mobil abis moto2 sbentar lu bisa tidur lelap sepanjang perjalanan, jadi ga ngerasain gmn dikocok2 perut klo duduk di belakang. Bayu aja cuma 45 menit aja udah dibikin kleyengan, gue yang berjam2 yach pantas aja mabok ga karuan(ditambah gw lg kurang sehat),Sial ini rekor pertama gue mabok darat...
ta[pi suer ini perjalanan pengalaman yang asik...........dan mengesankan..........walau batangan semua......................

Comment by Sakti Soediro on Tuesday, March 27, 2007 5:48:00 PM

aaiih a****t!!...*kukur kukur in jealousy