BABEL

12/25/2006 09:59:00 PM / /

BABEL.
Film ini diputar dalam Jakarta International Film Festival (JIFFEST) 2006 kemarin. Sayangnya, ngga ada kesempatan buat nonton langsung di JIFFEST karena tiket2 udah keburu abis jauh sebelum tanggal mainnya. Dammit, gila film banget sih orang2 Jakarta... Akhirnya musti nunggu BABEL ditayangin reguler di bioskop 21.
Sabtu pagi, libur dan ngga ada kerjaan. Pagi2, sama si Anton, sepupuku, iseng2 konek internet pake telkomnet. Weekend net katanya, lebih murah. Pas browsing di situsnya bioskop 21 (21cineplex.com), ternyata Babel udah main. Tapi masih tayang midnight, di bioskop2 tertentu. Jadi deh, diputusin nonton BABEL, midnite, di Plasa Semanggi.
Film yang masuk banyak nominasi di berbagai ajang award film, emang udah menarik perhatianku sejak lama. Sutradaranya orang Meksiko; Alejandro Sanchez Inarritu, settingnya di berbagai belahan dunia, dan yang maen juga orang2 lokal nggak terkenal kecuali Brad Pitt dan Cate Blanchett. Bercerita tentang kejadian yang menimpa suami-istri yang sedang berlibur ke pedalaman Maroko dan berbagai cerita di balik tokoh2 yang terlibat dalam kejadian2 yang tak terduga. Semua kejadian tergarap dengan rapi, termasuk relasi antar kejadian yang jelas, tidak membingungkan.
Babel benar2 menunjukkan perbedaan kultur yang sangat nyata dari peradaban dunia. Maroko, Meksiko dan Jepang sudah cukup mewakili betapa dahsyatnya perbedaan itu.
Penasaran? Nonton aja deh...

Labels:

1 comments:

Anonymous on Monday, December 25, 2006 11:36:00 PM

duh enaknya weekend bisa nonton :(
kemaren aku cuma nonton dvd film nya detective conan (tp yg ndak kartun)

sayangnya aktor yg meranin si cool shinichi kudo kurang pas (menurutku sih..coba kalo si Takhashi Kashiwabara ya?) kalo kagoro mouri nya sih plek banget kayak di versi kartunnya

Babel? cuman baca sinopsisnya aja di kompas :(

Post a Comment