china sebagai tuan rumah arisan

6/16/2008 12:47:00 AM / /

sempat selintas saya bertanya, apa yang membuat sebuah negara mau menjadi tuan rumah olimpiade ? Ok, mungkin pengetahuan saya tentang politik internasional terbatas sehingga saya tidak tahu alasan-alasan yang mendasari china mengeluarkan dana 40 Miliar Dollar untuk membiayai olimpiade.

Jika saya punya rumah, dan ingin menjadi tuan rumah bagi arisan bulan depan. tentu saja saya menginginkan rumah saya terlihat rapi, cantik dan bersih. Bukan saja sebagai kenyamanan tamu yg akan datang tapi juga agar saya dikenal sebagai orang yang bersih dan rapi. Mungkin juga terselip maksud untuk memperlihatkan furniture mahal saya, atau mungkin koleksi stik golf terbaru juga sekedar agar para tamu tahu jumlah mobil yang saya miliki. Maksudnya agar saya terlihat sebagai orang yang kaya, dan berpunya juga berkuasa.Masalah self esteem gitu. Apalagi kalau para tamu juga melihat deretan piala hasil prestasi putra-putri saya. Ini masalah image branding.

Yang lain tentu saja agar saya agar tamu2 yang datang juga melihat potensi atas apa yang bisa saya kerjakan. Expertize saya, sumber daya yang saya miliki, sehingga para tamu selain hanya sekedar menjadi tamu tetapi bisa menjadi rekan bisnis yang percaya pada keahlian dan kemampuan saya. Syukur2 ada yang mau menitipkan uang untuk saya kelola alias berinvestasi.

Bila dianalogikan dengan china sebagai negara tentu saja apa yang saya ceritakan adalah terlalu disederhanakan.

Negara punya konteks yg lebih luas, sejarah yang lebih panjang, dan masalah yang berkali-kali lebih kompleks. Pun begitu jika sudah mau menjadi tuan rumah olimpiade pastinya china ingin menampilkan hasil dari 3 dekade modernisasi. Pastinya china ingin memberitahu dunia agar kekuatannya terlihat sehingga dunia bisa menerima negara ini sebagai salah satu dari kekuatan besar. Kita tunggu 8 agustus besok.

Labels:

0 comments:

Post a Comment