politik?why not??

10/17/2006 03:18:00 AM / /

membicarakan politik memang tidak pernah akan ada habisnya..saya pernah mengalami suatu masa dimana saya sangat anti pada segala sesuatu yang berbau politik..tetapi kemudian ketika memasuki bangku perkuliahan, saya dipaksa untuk mendalami dunia ini..menganalisa peristiwa perpolitikan nasional maupun internasional yang lumayan bikin botak...

beberapa hari terakhir saya tergelitik untuk sedikit memberikan komentar atas peristiwa yang -lumayan aktual-banyak dibicarakan akhir-akhir ini..peristiwa percobaan nuklir yang berhasil dilakukan Korea Utara mau-tidak-mau mengingatkan saya pada skripsi yang pernah saya susun beberapa waktu lalu..

skripsi saya ketika itu memang tidak membahas secara spesifik tentang Korea Utara, melainkan tentang fenomena kebangkitan militer Cina selama satu dasawarsa terakhir, namun menurut saya baik Korea Utara maupun Cina telah mampu menunjukkan eksistensinya pada dunia melalui sepak terjang mereka dalam peta perpolitikan internasional, yang tentu saja diluar prediksi negara-negara barat dan negara dunia ketiga..

keberhasilan percobaan nuklir yang dilakukan Korea Utara kemudian menaikkan bargaining position mereka dalam permainan politik internasional yang selama ini dikuasai oleh AS..walaupun Korea Utara -yang dikenal sebagai negara miskin-belum mampu menyamai keberhasilan kebangkitan Cina dalam bidang politik, ekonomi dan militer..bahkan kebangkitan cina dan Korea Utara ini juga menandai pergeseran hegemoni kekuasaan yang selalu didominasi AS dan sekutunya.. sepak terjang dan langkah Cina dan Korea Utara menjadi pemicu negara-negara dunia ketiga untuk tidak takut terhadap dominasi barat..

rasa-rasanya saya perlu kembali membaca buku-buku mengenai teori-teori politik yang pernah menjadi makanan sehari-hari saya untuk bisa menganalisa lebih dalam mengenai peristiwa ini..dan saya yakin, di almamater saya kini bisa dipastikan para dosen sedang memberikan tugas untuk menganalisa peristiwa ini dalam bentuk paper untuk kemudian didiskusikan..

menganalisa peristiwa ini-walaupun hanya sekelumit- mampu mengembalikan saya pada waktu dimana saya benar-benar dibuat jungkir balik...menganalisa puluhan teori-teori politik untuk kemudian dimentahkan kembali di ruang sidang..dan itu baru pada fase ujian proposal..untunglah setelah melewati ujian proposal, semuanya menjadi lebih lancar...

mengingat waktu itu, ketika siang menjadi malam dan malam menjadi siang -demi mengejar deadline- menjadi sesuatu yang manis untuk dikenang..ketika tak ada yang terpikirkan kecuali mewujudkan impian bunda melihat saya memakai toga di tahun ketiga perkuliahan saya..dan saya berhasil mewujudkannya..saya melihat haru di mata bunda ketika melihat saya melangkah di podium..

kini, hampir 6 bulan berselang sejak peristiwa itu, masih terbayang dalam ingatan, jejak langkah yang saya tinggalkan dalam dunia yang pernah menjadi satu-satunya dunia saya..merindukan kembali masa di mana saya bernyanyi bersama teman-teman paduan suara dalam banyak kesempatan..merangkai indahnya kebersamaan dalam berbagai kompetisi..ingin sekali rasanya kembali kesana..ketika segala rasa dalam hati akan hilang saat bersama-sama bernyanyi dalam satu harmoni..

tetapi kini, mungkin dibutuhkan terapi dalam waktu lama untuk bisa mengembalikan suara saya -yang ga bagus-bagus amat ini- menjadi lebih enak didengar..kompetisi terakhir yang saya ikuti berselang 2 tahun yang lalu..terbayang kan selama itu tidak pernah lagi melatih suara..

hummm..waktu terasa cepat sekali berlalu..dan disinilah saya..mencoba untuk berdiri di atas kaki sendiri.. baru saja melewati satu proses transisi untuk menjadi manusia yang lebih mandiri dan kuat.. saya tidak pernah tahu kemana waktu akan membawa saya..hanya sedikit perbekalan yang saya bawa dalam perjalanan ini..doa bunda, iklas dan tawakal,keluarga yang mencintai saya, serta orang-orang terkasih di sekeliling saya..

bali-the 24th day of ramadhan-minutes before break fasting time..

Labels:

2 comments:

Comment by aryo on Tuesday, October 17, 2006 5:31:00 AM

diluar prediksi negara-negara barat dan negara dunia ketiga..?

Kalo dalam prediksi NIC itu 3 kekuatan yang diduga bakal membahayakan posisi AS sebagai penguasa dunia, yaitu Cina, India, dan Islam/Khilafah Islam...

jadi menurutku mereka sudah memprediksinya deh, dan mereka juga nggak bakal diam.

kalo mau coba analisa mengenai gebrakan2 politik yang dibuat AS mungkin lebih gampang karena aku kira semuanya terhubung ke sana...

Yang diperbuat AS mungkin banyak reaksioner terhadap perkembangan dunia ke-3 dan eee *7%*&^$76%^$^%$^%^%&^ ... wah iya ya... kok pusing jadinya... ini akibatnya mahasiswa seni sok-sokan ngemeng politik... ^_^

Comment by bonekabungamatahari on Wednesday, October 18, 2006 10:24:00 PM

diluar prediksi AS tentang progress Cina dan Korea Utara yang luar biasa dalam bidang militer..*halahh ngeless...

tapi saya setuju bahwa segala peristiwa politik yang terjadi di dunia internasional semuanya bersumber dari AS..

again, politic is all about games..and art also..

Post a Comment