Membaca... Yuk....Membaca....

5/27/2007 08:42:00 PM / /

Membaca….

Belajarlah sampai ke negeri Cina. Belajarlah sampai akhir hayat. Ungkapan ini sangat jamak aku dengar. Mulai sedari aku kecil sampai sekarangpun masih sering aku denger. Ungkapan itu menyiratkan tentang semangat belajar yang tetap harus ada walaupun dalam kondisi kekurangan, jauh, sulit dan terpuruk sekalipun.
Banyak sekali cara belajar. Bisa dengan cara melihat, membaca, berbicara, menulis, merenung ataupun yang lain.
Memang sih dari semuanya, banyak dari kita akan paling suka dengan melihat dan berbicara. Karena budaya kita baru pada budaya lisan. Ketika kita dihadapkan pada merenung, membaca, dan apalagi menulis, kita akan selalu menghindarinya. Padahal dari situ ilmu itu paling banyak kita dapat lho(menurutku sih, kalo kalian beda pendapat nggak papa kok).
Sekarang lebih fokus untuk budaya membaca. Kita sangat susah ketika dihadapkan pada budaya yang sebenarnya bagus ini. Ada saja alasan yang kita keluarkan sebagai pembenaran dari sikap kita itu. Mulai dari nggak ada duit, waktu, buku itu boring, ngapain baca mending ngelakuin yang lain, baca itu nggak penting, kayak anak sekolahan saja baca buku, emang dari membaca kita dapat apa, dan masih banyak lagi. Padahal membaca tidak harus dari buku saja, bisa koran, tabloid, internet, alam dll.
Ketika dihadapkan dengan keuangan, banyak sekali dari kita yang mau mengalokasikan uangnya untuk makan yang berlebihan, hp yang paling canggih padahal hanya buat telepon dan sms aja, beli baju walaupun baju dirumah udah menumpuk, modifikasi mobil atau motor hingga jutaan rupiah, clubbing dll.
Waktu, inilah alasan paling banyak digunakan. Aku sibuk banget nih, aku nggak sempat buat yang nggak penting kayak begituan, dan banyak sekali alasan lainya menyangkut waktu ini. Padahal banyak sekali waktu yang kita gunakan untuk menonton sinetron, infotainment, ngerupiin orang, dll.
Mungkin dari kita ada yang menggunakan alasan pembenaran tersebut. Mulai sekarang hilangkan itu dan berubahlah. Alasan itu justru akan membuat anda mundur ke belakang, minimal stagnan. Mulai dari sekarang ya!!!


Salam otak terbatas dan keterbatasan otak!!

(Tulisan ini aku buat terilhami dari susahnya menumbukan minat baca dilingkunganku)

Labels:

0 comments:

Post a Comment