Kartini.......

5/27/2007 08:32:00 PM / /

Kartini Oh Kartini…

Hampir semua orang Indonesia mengenal nama ini(kalo nggak kenal bangeten poll!!). Aku pun hanya tau sekilas saja tentang beliau.
Tadi pagi aku nganterin sepupuku ke tukang rias yang udah di tunjuk ma sekolahannya. Hari ini akan ada lomba Kartinian di kecamatan. Dia berangkat jam 4.30. Katanya disana akan antri. Karena satu sekolahan kesitu semua. Sampai disana, eh ternyata orang udah berjibun. Mereka dengan anak masing-masing sibuk mencari baju yang pas dan paling cocok untuk anaknya. Ini yang lomba anak apa emaknya nih??? Aku langsung pulang. Jam 6.30 aku datang kesana lagi. Mungkin udah selesai kali ya… Eh ternyata belum selesai juga oey. Sambil menunggu(dari pada ngelamun) aku lihat anak-anak kecil yang sedang menunggu dirias oleh mbak-mbak periasnya. Ada yang nggak kebagian kostum, ada yang menangis mungkin karena menunggu kelamaan, ada juga yang marah karena kostumnya nggak cocok dan ada juga yang kebesaran.
Mereka badut-badut yang hanya diperalat oleh orang tua dan sekolahannya dengan dalih perayaan kartini. Mereka didandani dengan make up tebal, gincu, eye shadow dll yang aku nggak ngerti, hanya untuk menjadi badut pemuas orang tua dan gurunya.
Kartini, sosok yang menjadi fenomena setelah dia meninggal. Kita hanya bisa mengingatnya dengan perayaan-perayaan yang berupa simbol-simbol saja. Kita tak pernah menangkap esensinya. Sejak kita kecil, ketika tanggal 21 april, kita selalu disuruh sekolah untuk menggunakan pakaian adat. Tanpa tau makna dari mengapa Kartini itu sangat penting. Mungkin anak-anak kecil itu pun tidak tau mengapa mereka harus menggunakan pakaian tersebut.
Kita selalu terjebak dengan simbol-simbol tanpa makna. Dan bangsa ini sangat bangga akan hal itu.
Maaf jika postingan ini udah telat bgt. Aku lupa dan baru ingat sekarang. Kan semangat Kartini harus kita gunakan setiap hari kan???

Salam otak terbatas dan keterbatasan otak!!

Labels:

0 comments:

Post a Comment