About Dream...

9/12/2006 10:32:00 PM / /

Terjemahan Kitab At- Taubah bagian dari Ihya Ulum Ad-din (hal 84-85)

Apa saja yang akan terjadi dalam keadaan jaga, tdk ada diketahui secara jelas dalam keadaan tidur. Yang ada hanyalah permisalan2 yang memerlukan ta'bir (ilmu yang menafsirkan mimpi).

Seorang laki2 mendekati Ibn Sirin (seorang ulama dan cendekiawanyg dikenal sbg ahli ta'bir) dan berkata, " Aku melihat dalam mimpiku, seolah-olah aku menggantungkan kalung mutiara di leher sekawanan babi." Maka berkatalah Ibn Sirin, " Engkau mengajarkan hikmah kepada orang2 yang tidak sepatutnya menerima itu." Dan memang benar apa yang diaktakannya.

Seorang laki-laki lain berkata, " Aku melihat dalam mimpiku seolah2 menuangkan minyak ek dalam zaitun." Maka jawab Ibn Sirin ," Jika engkau memiliki seorang jariah (budak perempuan). Periksalah keadaannya. Jangan2 ia adalah ibumu yg pernah ditawan dalam suatu peperangan lalu dijadikan budak ketika engkau masih kecil. Sebab minyak asalnya dari zaitun. Orang itu pun segera mencari keterangan tentang asal-usul budak perempuannya itu dan ternyata memang benar ia adalah ibunya sendiri-yang ketika anaknyamasih kecil-pernah ditawan (oleh orang2 kafir) dan dijadiakn budak yg diperjualbelikan.

Pada hakikatnya, ilmu penyingkapan rahasia mimpi itu, dari pertama sampai akhir adalah mengajarkan bagaimana membuat (dan menafsirkan) permisalan2. Yakni mengungkap sebuah makna dalam suatu bentuk tertentu yang apabila diperhatikan susunan kata2nya akan didapati sebagai sesuatu yang tak benar (ato bohong). kalo dilihat dari sudut maknanya, akan didapati bahwa hal itu memang benar adanya. sebab memang telah berlangsung darinya 'ruh' dan makna dari kalung mutiara (untuk mimpi pertama) yaitu hikmah.

Berlangsungnya mimpi seperti itu adalah karena malaikat yg ditugasi khusus urusan mimpi menyingkapkan bagi ruh manusia ketika sedang tidur-tentang sebagian dari yang tercatat dalam al-lauh al-mahfuzh,melalui cara membuat suatu permisalan tertentu. Sebab seorang yg sedang tidur hanya memiliki kemampuan untuk menerima permisalan saja.

Disamping itu, hati manusia memang mudah sekali terpenagruhi oleh makna2 yg terkandung dalam berbagai permisalan2 yg disampaikan kepadanya. Karena Al-Quran menggambarkan tentang kemampuan-tak-terbatasnya kuasa Ilahi dengan ungkapan,"Kun fayakun (Jadilah!Maka jadilah ia)" atau seperti terungkap dalam sabda Nabi Saw, "Qolbu amnusia berada dalam genggaman dua jari di antara Ar-Rahman." Yang dimaksudkan guna menunjukkan betapa cepatnya hati manusia berubah-ubah.

...............................................................................................................................

(diposting oleh Jilan via Andhien coz occountnya bermasalah :p nda ada font dll)

Setelah mencelat mencelot nyari tentang 'mimpi' dari buku2 psikologi,aliran X,agama y,dll (semoga ga tersesat) akhirnya ketemu deh sama buku ini.
Semua serba kebetulan....
Semua serba tak terduga...
Semua masih tetap indah sekalipun kadang bikin kemeng



Labels:

5 comments:

Anonymous on Wednesday, September 13, 2006 12:26:00 AM

coba mostingin yang beda mba
misal petualangan alam ghaib
jangan puisi mulu ah
jangan yg itu2 ajah dong

kayak lagune peterpen:

buka dulu topengmu
biar kulihat wajahmu
(sekalian ganti chasing)
hihi....

Anonymous on Wednesday, September 13, 2006 4:30:00 AM

mbak or mas zhanglee (skrg kan banyak lelaki yg cantik juga...) mungkin mau gabung en mosting sesuatu yg beda ? biar tak invite... alamat imelnya dimana ya ??

buka dulu topengmu...lalalalala....hehehee

Anonymous on Sunday, September 17, 2006 11:17:00 PM

anu mr.cool...saya jd nda enak nih
kalo pagi sampe siang biasanya sih dipanggil miss Lee tapi yen malem berubah jadi mr.Zhang hihi..

invite me?
putri_arshellya@*****.com

Anonymous on Friday, September 22, 2006 3:56:00 AM

@zhang Lee_si_penyusup_cantik_kembaranku_tersayang (duh panjang amat neh)
buka topeng?????
not know kaleee...
aku masih mencari wujudku di sini, Zhang
belum ketemu nih :(
imelmu yg mana sih?
jangan ganti2 dong...bingung kalo mo ngontak kamu

zhang Lee???
sepertinya pernah denger deh?

u know...
i know...
but
aku masih bingung dan aku masih terus berjalan dan memang mesti demikian
begitulah yg telah digariskan
bagitu sedikit yg aku tau
dan aku masih haus dan akan selalu begitu

Wallahu'alam...

Anonymous on Friday, September 22, 2006 4:10:00 AM

until u know...
(or u know right know?

and i know when u know
4JJl will tell u...
and u know

for u for me for ur journey for my journey...

(lama2 gaya bahasa ku podo mbek njenengan, Jill..hueheee)

Post a Comment