10/21/2005 09:01:00 PM / /

bener yo, bbrp hari yg lalu ga sengaja jg temen kantor ku nyetel vcd ntu.
padahal dulu, wakt rame2 dikampus ak ga brani liat, krn dah jiper duluan waktu dicritain ama temenku. Tapi pas kemaren, ak paksain buat ngeliat. Emang bener2 mengerikan, anak kecil dengan kepala yg bolong di belakang bekas golok, bekas tombak di kepala, otak yg berserakan. bener2 sangat mengrikan.

tapi itulah lingkaran setan. bapak dari keluarga yg terbantai tidak akan terima ngeliat istri nya dihabisi dengan kejam, anak2nya dilubangi kepalanya. dan dia akan mencari keluarga dari suku lain, siapapun itu. untuk dihabisi dengan cara yg sama, bahkan lebih kejam. lalu keluarga suku itu akan membalaskan dendam lagi secara sporadis asalkan berasal dari suku yg berseberangan. begitu seterusnya tanpa akhir......

menyedihkan memang, namun setelah melihat film itu ak pun jadi mengerti kalau hal seperti sangat susah untuk dihilangkan, krn berputar dlm pembalasan dendam, dan meluas menjadi lingkaran yg lebih besar, bisa sentimen suku, bisa sentimen agama atau keduanya.

seperti kisah di bosnia herzegovina, yg terjepit diantara muslim croatia dan serbia. ak rasa awalnya pun sama(walau ak nggak tau siapa dan atas motivasi apa yg memulai). namun lingkaran balas dendam emang gampang sekali disulut, dan berkembang menjadi genocide(pemusnahan etnis) dan jg masalah agama. namun disana sudah terlalu besar hingga menjadi perang antar negara, dan pada kondisi itu, yg paling dirugikan (walau tiap pihak tetap merugi) adalah muslim croatia.bosnian-croatian-serbian war telah memaksa ratusan ribu muslim croatian untuk meninggalkan daerah tinggalnya atau dimusnahkan.

mungkin bener kata the beatles.....
all you need is love.....

Labels:

1 comments:

Anonymous on Wednesday, February 28, 2007 10:34:00 PM

Where did you find it? Interesting read Filter cartridge wpp10-20 ratings of mattresses Chrysler ams 0220 spec

Post a Comment