Masa Kejayaanku

2/13/2007 07:45:00 AM / /

Nggak pernah bercita-cita jadi polisi.
Kenapa dulu milih kostum ini ya?
Liat fotonya jadi sadar betapa imut-imutnya aku dulu...

Sekarang? Amit-amit... Puas?! Puas?! Sobek, sobek...!!

Kalau liat kakakku benar-benar kayak diktator komunis... :-D

Kemarin pas pulang liat2 album foto keluarga yang berdebu.
Kalau dipikir, keluargaku nggak pernah bikin foto keluarga lagi...
Mbakku wisuda, nikah, Kakakku juga, wisuda, nikah, dokumentasinya mana...? Hiks..
Tapi jadi ingat masa muda dulu... Masa kejayaanku.
Dulu pas SD aku termasuk murid yang cukup pintar.
Mamaku dulu ngajarin matematika dengan keras, kadang sampai aku nangis...
Hasilnya, aku harus berterima kasih sama mamaku.
Enak kalau ortu kita sulung semua dalam keluarganya.
Kita jadi dimanjain sama Oom dan Tante...
Dulu aku punya satu lemari komik eropa yang hampir semuanya hadiah.
Aku suka baca, suka nonton.
Dulu kalo siang disuruh bobo’, persuasinya supaya bisa nonton serial ‘Hunter’ malamnya di TVRI.

Sekitar SMP, melahap buku2 seperti Trio Detektif (khatam!), STOP, Lima Sekawan...
Kemudian ada yang baru Goosebumps... Fearstreet...
Yang lokal, sama Ami dikenalin sama karya2nya Hilman Boim.

Aku mulai bercita-cita jadi penulis.
Dikit-dikit aku juga mulai ‘ngomik’ di sela2 pelajaran sekolah.
Kemarin Ami nunjukin komik karyaku ‘The Mask’ yang udah lusuh (ternyata dia masih menyimpannya, aku juga udah lupa, kirain udah ilang entah kemana).
Tentu saja gambarnya amat sangat jelek... ^_^
‘The Mask’ salah satu master pieceku... plesetan filmnya Jim Carrey dulu, aku sendiri yang jadi jagoan, dan musuh2nya teman2 sekelasku... AdaTria, Bayu, Oni, Anip, Awan, hue he he... kalo dibaca pasti yang bersangkutan masih bisa ketawa-ketiwi...
Tapi nggak ada tokoh ceweknya ya?
Jaman dulu aku emang belum tau rasanya naksir cewek -_-

Trus aku mulai nulis serial kasus2 detektif.
Niru karyanya Wolfgang Ecke.
20 kasus dalam satu buku, dan diakhiri pertanyaan, “Siapakah pembunuhnya?”, “Siapakah yang berbohong?”, “Apa buktinya?”, dan lain-lain.
Jawabannya ada di akhir buku, dan persis seperti di bukunya Wolfgang Ecke, jawabannya juga kutulis terbalik biar bacanya pake cermin. Manual bo’! Niat banget yaa?
Udah gitu kukasih cover dan kujilid pake staples.
Masih tambah di belakangnya kuberi iklan “Jangan lewatkan serial kasus detektif buku kedua!”
Semuanya nulis tangan... ceker ayam tentu saja, tapi tetep readable lah...

Dibaca temen2, seneng banget kalau ada kasus yang tidak berhasil mereka tebak.
Iklan tadi beneran loh!
Aku segera mikirin ide-ide cerita buat buku kedua, kukumpulkan, dan kubuat bener.
20 kasus, dan kuberi iklan lagi di belakang, “Jangan lewatkan edisi ketiga!”
Kalau nggak salah serial detektif kutulis sampai 4 buku...
Setelah itu aku beralih ke cerita horor... Niru Goosebumpsnya RL Stine.
Kukombinasikan dengan Lima Sekawan dan Lupus,
jadi nggak kayak Goosebumps, jagoannya tetap dan sedikit kocak.

Aku beli buku tulis SIDU (Sinar Dunia) yang tebal, targetnya satu seri bisa setebal itu.
Aku merampungkan seri pertamanya, tapi judulnya aku lupa...
Seperti biasa masih sisa ruang untuk kutaruh beberapa iklan. Hehe...
Kugambar covernya, kutulis resensinya, “Jangan lewatkan yang ini!”, “Anda sudah baca yang ini?”, “Lima sekawan melawan alien yang ganas! Ikuti petualangannya di seri ini!”, “Anda harus punya!”, “Jangan Ketinggalan!” Dan sebagainya....

Itu bukan iklan kosong, benar2 kutulis judul lainnya setebal buku tulis SIDU.
Kadang nulisnya sampai malem sebelum tidur sampai ngantuk2.
Harus selesai, karna ingin segera menunjukkan pada temen2 di sekolah,
pada pembaca setiaku...
Hehe, tapi emang ada loh pembaca setiaku, si Fikri anaknya Dokter Masrifan Jamil.
Kangen juga sama dia sekarang... Sayang dulu persahabatan kita sempat retak gara2 aku ngilangin kaset video Aladinnya... My fault, i take the blame...

Itulah sekilas masa mudaku, What a spirit i had!
Sekarang, kalau aku ngaca, kadang aku malu...
Sekarang aku nggak punya karya... Aku nggak punya semangat seperti dulu...

I was a young boy that had big plan...
Now i’m just another shity old man...
Request lagu ini dong.

Jadi ingat filmnya Bruce Willis yang berjudul ‘The Kid’.
Tentang seorang yang dikunjungi sosok masa kecilnya.
Kalau aku yang dulu mengunjungi aku yang sekarang...
Dia boleh menendang pantatku sekeras-kerasnya... I deserve that.

Tapi... Hey, buat apa meratap? Aku belum tua juga kok... (kan?)
Terima kasih album foto berdebuku... Terima kasih Mamaku yang menyimpannya.
(Special thanks to Awan yang udah buatin tapakkaki)
Give me a break.
Aku yang dulu boleh mengunjungi aku di umur 40-an...
(Hehe, iyalah... di film The Kid, juga segitu kok umurnya!)

Jadi punya ide.
Dulu aku mengadakan ‘lomba’ menulis tentang cinta di tapakkaki.
Gimana kalo sekarang aku tantang kalian bercerita tentang masa kecil kalian dulu?

Ayolah....

Labels:

2 comments:

Anonymous on Wednesday, February 14, 2007 9:15:00 PM

ck..ck..ck..
boleh juga usulnya ^_^

gimana nieh yg laen?!
janagn lupa, yang namanya lomba itu biasanya ada hadiahnya
kira2 apa ya?!

ditunggu dey kisah masa culun temen2 yg laen :)

Anonymous on Sunday, February 25, 2007 8:29:00 PM

hmm...setiap masa ada kejayaan dan kemunduran nya sendiri kang aryo...
ak pikir kejayaan masa sekarang adalah menguatnya idealisme ke arah yg berbeda daripada waktu kecil dulu...spt yg kamu pernah bilang di comment yg sebelumnya..
paling ngga, km tau apa yg mesti km kerjakan skrg ^_^

have fun...

Post a Comment