Untuk ikhlas menjalani

4/25/2009 10:35:00 AM / /

rasanya lama sekali saya tidak menulis disini.
dan menjentikkan jari2 saya di blog ini seperti pulang ke sebuah tempat yang sangat familiar, yang lama tidak saya datangi.

tak terasa 5 bulan sudah berlalu...
bulan-bulan yang sungguh menakjubkan, penuh dengan pengalaman yang kaya makna.
saya rasa tidak pernah didalam penggalan hidup saya sebelumnya, saya belajar sedemikian banyak, merasakan sedemikian dalam, mencoba sebegitu liar, juga melompat-lompat sedemikian ekstrem.

saya berjumpa dengan pemikiran yang begitu mengejutkan.
heran karena tidak menyangka bahwa saya mempunyai bagian yang begitu chaotic, kreatif sekaligus destruktif.

saya juga bertemu dengan berbagai macam orang,
menyerap-memilah-melepeh penuturan, pemikiran, perjalanan hidup termasuk juga opini2 dan idealisme mereka.

saya menerima dan menyesali, bersyukur kemudian mengutuk silih berganti.
menangis ketakutan yg kemudian digantikan tawa bangga.

proses yang terlihat stagnan namun berkembang di kedalaman.

di pihak luar saya adalah pengangguran,
di dalam saya menuangkan ide2 dan mengambil tindakan tanpa banyak bercerita angan-angan.

di luar saya maju mundur
di dalam saya mengenali salah satu sifat pikiran yang merupakan bagian dari kehidupan: keinginan yg selalu berubah, bertumbuh, tidak ada yang kekal.

di luar saya mendikotomikan antara karyawan dan pengusaha
di dalam saya menyadari bahwa banyak sekali ranah diantaranya.

ada orang2 yang tidak perlu dipusingkan oleh uang, tapi banyak permasalahan psikologis yang perlu dia hadapi.
ada orang2 yang berkutat dalam perjuangan mencari nafkah, untuk hanya menjadi bagian skenario besar kehidupan agar anak2nya mengalami pendewasaan melalui tutur pemikiran orang tuanya.
ada yang melesat cepat kemudian hilang, ada yang lambat melangkah tapi tetap tidak pernah mencapai tujuannya.
ada yang mempersiapkan semuanya tp berantakan dalam sekejap, ada yang mempersiapkan baik-baik kemudian mencapai apa yang dia inginkan.

semua ini mengikis sedikit demi sedikit kesombongan saya.
mengerik keimanan saya terhadap hal, cara, jalan yang saya anggap bisa menjamin kesuksesan.
bentuk syirik yang sangat halus.

ya semuanya berproses,dan proses butuh waktu.
saya dan anda sangatlah berbeda jika dilihat dari pengalaman, tanggung jawab keluarga, hubungan sosial dlsb.
mencoba menyamakannya adalah seperti memaksakan kue kering berbentuk bintang kedalam cetakan bulan sabit;mungkin bisa mungkin tidak, tp yang pasti ada yang hilang dan ada yang tdk terpenuhi.

mungkin apa yang saya tulis tidaklah praktikal.
tapi akhir2 ini saya menyadari bahwa hal-hal praktis sangatlah erat dengan kekinian;bukan perencanaan kedepan, juga bukan kekhawatiran terulang peristiwa yang sama seperti di belakang.

pengalaman saat demi saat, itulah yg akan selalu segar.

sehingga itu berarti untuk bersikap lebih sensitif lagi terhadap apa yang saya alami...

bukan menyesali, bukan mensyukuri, ttp mungkin lebih tepatnya...
untuk ikhlas menjalani...

salam,
Awan

Labels:

0 comments:

Post a Comment